Kamis, 09 Maret 2017

Perkembangan e_commerce di bidang Agribisnis

Assalamualaikum,Wr. Wb

Selamat Siang...Good afternoon... Konnichiwa...
Today, I want to tell you about “ Perkembangan e_commerce di bidang Agribisnis”. Menurut kalian e_commerace itu apa ? istilahnya tidak asing bukan ? e_commerce terdiri dari dua bagian kata yaitu e yang berarti elektronik dan commerce yang berarti komersil, atau istilah lainnya e-business. Jadi, intinya e_commerace adalah pemanfaatan media elektronik untuk dunia komersil/bisnis. Nah kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan segala aktivitas yang berhubungan dengan media elektronik bukan ? Apalagi di zaman modern  ini  kebanyakan manusia tidak bisa lepas dari elektronik termasuk gadgetnya. Dewasa ini setiap orang dapat melakukan segala aktivitas dengan melalui gadget seperti menyelasaikan tugas, belajar, mencari motivasi, bahkan berbelanja.

Ngomongin soal belanja, dewasa ini belanja tidak mengharuskan kita untuk mendatangi tempat dimana store berada. Belanja dapat kita lakukan di manapun hanya dengan membuka situs belanja, website toko bahkan hanya dengan mengcari barang via google akan muncul deretan toko online yang bisa kita kunjungi, berbelanja menjadi lebih mudah bukan ?

Nah tapi, apakah kita bisa berbelanja produk pertanian kah melalui situs e_commerace ? Secara kan iya Indonesia itu terkenal dengan julukan sebagai negara agrarisnya karena potensi alam yang dimilikinya, luas lahan pertanian, mayoritas profesi warga negaranya sebagai petani. Nah, alangkah lebih menguntungkannya jika petani atau pertanian Indonesia menggunakan e_commerace. Petani dapat menjual langsung hasil panennya kepada konsumen melailui media internet, tentu konsumen dan petani akan lebih untung karena tidak melalui banyak pedangang perantara. Petani mendapatkan hasil panen yang yang tinggi dan konsumen mendapat harga yang lebih murah.

Nah, jawabannya pertanyaan di atas adalah iya, tentu bisa. Karena sebetulnya telah ada istilah e_Agribusiness. e_Agribusiness memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam  bidang pertanian, istilah lainnya e_Agriculture. Pengertian e-Agriculture atau e-Agribusiness sering diambilkan dari definisi e (electronic) dalam konsep Information and Communication Technology (ICT), yaitu kegiatan pertanian dan/atau agribisnis yang memanfaatkan keunggulan ICT seperti komputer, internet, piranti lunak (softwares) dan piranti keras(hardwares), radio, televisi dan perangkat IT lainnya, serta orang yang mengoperasikan ICT tersebut (Soekartawi, 2007).

Aplikasi e-Agriculture atau e-Agribusiness dapat dilakukan di semua aktivitas pertanian mulai dari kegiatan di hulu (proses produksi) sampai pada di hilir (pemasaran hasil). FAO telah memanfaatkan ICT di kegiatan network, publikasi, database dan pembuatan web. Sementara itu, Departemen Pertanian memanfaatkan ICT untuk program (i). Pengembangan Statistik Pertanian, (ii). Pengembangan Sistem Informasi, dan (iii). Penunjang Pengembangan Sistem Informasi dan Statistik Pertanian. Dalam pada itu pemanfaatan e-Agriculture atau e-Agribusiness di kalangan swasta dan di pendidikan pertanian dirasa juga sebelum seperti yang diharapkan (Soekartawi, 2007).

Agribisnis lazimnya didefinisikan sebagai suatu rangkaian kegiatan mulai proses produksi, panen, pasca panen, pemasaran dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan kegiatan pertanian tersebut. Karena peran ICT juga merambah pada kegiatan pertanian, maka muncullah istilah e-Agriculture dan e-Agribusiness. Jadi e-Agriculture dan e-Agribusiness pada dasarnya adalah pemanfaatan ICT dalam bidang pertanian atau bisnis di bidang pertanian. Dengan kata lain e-Agribusiness adalah e-business di bidang pertanian (Soekartawi, 2007).


Lazimnya teknologi ini dikelompokkan menjadi tiga besar, yaitu teknologi audio-video, komputer dan komputer yang terakses internet. Ketiga hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut (Soekartawi, 2006):
a. Pengertian ‘Teknologi Audio dan Video’, dalam konteks ini, adalah telepon, voice mail telephone, radio, audio, televisi, vidiotape,video text, video messaging. Dengan teknologi audio dan video, maka bukan saja dokumen perdagangan barang dan jasa saja yang dapat dilaksanakan dengan cara ini, tetapi juga bahan promosinya dapat disimpan di audio-kaset,video-kaset, dsb-nya.
b. Pengertian ‘Teknologi Komputer’ atau sering disebut ‘ComputerAssisted  Technology’ dalam konteks ini adalah sistem transaksi barang dan jasa yang dilaksanakan dengan menggunakan jasa komputer; atau sering dikenal pula dengan istilah Computer Assisted Trading. Penggunaan multimedia seperti animasi, graphics, power point, VCD, CD-ROM, dan berbagai software komputer sering digunakan dalam cara ini.
          c. Pengertian ‘Teknologi Web atau Internet’ dalam perdagangan sering pula dikenal dengan nama ‘On-line Trading’ atau ‘Web-basedTrading’ (WBT). Cara ini banyak dipakai dalam sistem perdagangan sekarang ini dengan istilah yang lebih dikenal dengan nama ‘e-commerce’. Dalam Web, berbagai fasilitas Data Information Technologies (misalnya: bulletin board, Internet, e-mail, tele-collaboration, chatting) dapat dimanfaatkan. Kini, sistem perdagangan yang menggunakan piranti lunak (software) omputer menjadi semakin tersedia, CISCOM, SCORM, ORACLE, EVALUTECH, dsb-nya.

Dalam perkembangan lebih lanjut, maka ecommerce/ e-business ini lebih banyak menggunakan jasa mobile-phone dan internet. Karena itu banyak sekali dijumpai iklan, penawaran dan pembelian barang dan jasa melalui internet. Bahkan banyak pula dijumpai banyak perusahaan yang sudah mempunyai Website sendiri. Pembahasan soal ini juga pernah disampaikan oleh penulis (Soekartawi, 2006, dan Sudaryanto and Soekartawi, 2006 dalam Soekartawi, 2007). Untuk alasan praktis, maka perkembangan teori e-Agribusiness barangkali dapat dijelaskan:
a. Kalau kegiatan bisnis menggunakan jasa informasi elektronik, dinamakan e-Business.
b. Kalau e-Business tersebut sebagian besar (>50%) bergerak di bidang pertanian, maka dinamakan e-Agribusiness.

Kalau disimak lebih lanjut, maka perkembangan e-Agribusiness juga mengikuti kaidah yang umum dipakai untuk menjelaskan teori proses adopsi-inovasi, di mana mereka cepat menguasai informasi, maka mareka itulah yang cepat pula memperoleh kesempatan-kesempatan terlebih dahulu. Apakah itu kesempatan sosial, ekonomi, politik atau lainnya. Dengan kata lain makin besar jarak antara mereka yang menguasai dan yang tidak menguasai informasi (sering dikenal dengan istilah digital divide), makin kurang menguntungkan bagi tujuan pembangunan. Untuk itu digital divide ini perlu dipangkas (Soekartawi, 2007).

e-Agribusiness memiliki beberapa keunggulan. Pertama, mengurangi biaya. Kedua, menghemat waktu. Ketiga, Mengintegrasikan supply chain secara lebih mudah dan singkat. Keempat, Menjadi ajang promosi yang ’mendunia’ dengan biaya yang murah. Kelima, Merupakan diversifikasi pembentukan keuntungan perusahaan. Keenam, Memperpendek waktu product cycle. Meningkatkan customer loyality.

Menurut Soekarwati (2002) e-Agribusiness itu adalaha suatu alat saja untuk memasarkan produk-produk pertanian melalui keunggulan internet. Karena merupakan alat, maka e-Agribusiness akan berhasil atau tidak bergantung dari koneksi internet (apakah komputernya tersambung dengan internet secara baik dan cepat), kualitas alatnya itu sendiri (software yang dipergunakan dan tampilan serta kelengkapan informasi yang tersedia), dan bagaimana kualitas orang yang mengaplikasikan alat tersebut (sangat tergantung dari kepiwaian orang yang mengoperasikannya).

Dalam e-Agribusiness terdapat tiga peran yaitu peran produsen, peran konsumen dan peran media. Produsen menawarkan produknya melalui internet dengan memberikan penampilan, kelengkapan informasi harga dan kemudahan pembayaran dengan menarik. Konsumen sebagai calon pembeli berhak memperoleh informasi lengkap barang. Media menyediakan sarana penampilan yang menarik agar menimbulkan keinginan calon konsumen untuk membeli.

Terdapat beberapa kendala e-Agribusiness. Pertama, tidak semua tempat tersambung dengan fasilitas jaringan internet, jadi maslah infrastruktur ini menjadi amat penting. Kedua, tidak semua konsumen dapat melakukan teknik transaksi e-Agribusiness. Ketiga, tidak semua tempat tersedia piranti lunak atau software untuk e-Agribusiness. Keempat, tidak semua orang memiliki kartu kredit. Kelima, kesulitan yang disebabkan karena ciri produk pertanian itu sendiri, misalnya sifatnya bulky (volumenya besar tetapi nilainya kecil), produknya kadang-kadang musiman, standarisasi antar negara mungkin berbeda, dan sebagainya.

Terdapat beberapa hal yag dapat mengatasi masalah tersebut. Pertama, untuk mengatasi masalah pembayaran yaitu dengan mencari alternatif pembayaran melalui kartu kredit, salah satunya dengan mebuat e-cash. E-cash yaitu pembeli membeli sejumlah saldo untuk memiliki deposit pada akun yang dimilikinya dan dapat langsung menggunakannya jika telah menemukan barang yang cocok. Kedua, masalah keamanan dapat diatasi dengan menggunakan Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Umumnya, baik Microsoft maupun Netscape, bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit (misalnya: Visa atau MasterCard), dan perusahaan-perusahaan internet security seperti VeriSign. Ketiga, menyediakan e-Agribusiness di Indonesia.

e-Agribusiness berkembang secara lambat, namun karena telah banyak orang yang sadar maka perkembangannya akan semakin cepat. Terdapat beberapa indikator sebagai penandanya yaitu semakin banyak usaha bisnis komoditas pertanian yang memiliki website, banyaknya promosi permintaan atau penjualan komoditas pertanian yang di iklankan di interner, dan semakain banyaknya transaksi jual-beli komositas pertanian memlaui internet.
Berikut contoh pemnfaatan e-Agribusiness oleh startup :

a.       Limakilo.id

Limakilo adalah sebuah platform yang memungkinkan petani untuk langsung menjual hasil panennya ke semua orang dengan harga yang lebih kompetitif. Mereka ingin membantu petani di Indonesia menjual komoditinya dengan lebih baik. Harapan terbesar mereka adalah supaya masyarakat bisa membeli komoditas pangan langsung dari petani. Tiga hal yang di pegang oleh mereka yaitu: menjalankan toko online komoditas pangan, harga dari petani dan menjaga stabilitas harga.

b.      eFishery


eFishery  merupakan perusahaan yang bergerak dibidang teknologi perikanan, dalam pemasarannya menggunakan websita. Salah satu produknya adalah Feeder eFishery  yaitu alat pemberi pakan ikan otomatis untuk segala jenis ikan dan udang. Alat ini tidak bekerja otomotis dalam memberi pakan ikan secara terjadwal dengandosis tepat dan mencatatsetiap pemberian akan secara real-time.

Okey, Thats all, thanks for your time to reading my writings. See you.
Wassalamualaikum, Wr. Wb.


Sumber :


eFishery. (t.thn.). Dipetik Maret 06, 2017, dari http://efishery.com/


Limakilo.id. (t.thn.). Dipetik Maret 06, 2017, dari https://limakilo.id/


Soekartawi (2002). Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian: Teori dan Aplikasinya (Marketing Management for Agricultural Products: Theory and Its Application). RajaGrafindo Persada Press, 3rd Edition,Jakarta, (ISBN: 979-421-207-5).


Soekartawi (2006). Merancang Business Plan Berdasarkan Konsep e-Commerce: Kasus Komoditas Pertanian (Doing Business-Plan Based-on e-Commerce). Makalah disampaikan pada Seminar yang diselenggarakan oleh Departemen Keprofesian PERMASETA (Perhimpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian) Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, di Malang, tanggal 23 September 2006.


Soekartawi, S. (2007). E-Agribisnis: Teori dan Aplikasinya. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).




           


5 komentar:

  1. Halo,
    Ini adalah kesempatan baru lagi, apakah Anda secara finansial turun? Apakah bisnis Anda menangis demi kebangunan rohani, apakah Anda mencari pinjaman di bank dan tangan pemberi pinjaman yang salah dan Anda di mana menolak? Tidak mencari lagi, Kami adalah kreditur yang dapat diandalkan dan kami memprakarsai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan untuk mendapatkan hak istimewa untuk memungkinkan mereka membangun bisnis mereka sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami melalui email: gloryloanfirm@gmail.com dan isi formulir di bawah ini.

    DATA BORROWER
    1) Nama Lengkap: ......... 2) Negara: ...... 3) Alamat: ......... 4) Jenis Kelamin: ..................
    5) Status Perkawinan: ... ..... 6) Pekerjaan: .......... 7) Nomor Telepon: ........................... 8) Saat ini posisi di tempat kerja: .... ............ 9) bulanan ...... ...................
    10) Durasi Pinjaman: ............... 11) Tujuan Pinjaman: ............... 12) Agama: ............
    13) Tanggal lahir: ........................

    Mohon melamar perusahaan yang sah, kesuksesan anda adalah tujuan kami.

    BalasHapus
  2. Salam pembuka!
    Nama saya Dewi Rumapea, saya dari kota SEMARANG, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua dalam kelompok ini mencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. beberapa bulan yang lalu, aku finansial turun dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di Malaysia dan saya tertipu oleh orang di Malaysia. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal dan asli disebut Ibu Glory, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp500,000,000 tanpa stres pada tingkat bunga 2% yang merupakan terjangkau tingkat bunga untuk saya.

    setelah transfer kredit saya ke rekening bank saya, saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah mentransfer langsung ke rekening saya dengan Ibu Glory tanpa penundaan. Karena saya berjanji ibu bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Glory melalui email:gloryloanfirm@gmail.com

    Saya menggunakan waktu ini untuk menginformasikan semua yang anda juga dapat menghubungi saya di email saya: dewiputeri9@gmail.com dan Nur Izzatul Azira Ismail, dari Malaysia yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Ibu Glory, Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Glory, Anda dapat juga menghubungi dia melalui email:utariwirmayaty@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    Catatan: Tidak ada biaya pendaftaran, asuransi atau biaya pajak

    saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT untuk menggunakan Ibu Glory mengubah cerita keuangan saya dan sekarang saya seorang pemilik bangga bisnis saya sendiri, semoga Allah terus memberkati Ibu Glory dan terus menggunakan nya untuk membantu kita semua dalam kesulitan keuangan

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu Iskandar pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM via: {mail: iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    BalasHapus
  4. Halo

    Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda membutuhkan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} adalah Disini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi di properti, proyek / bisnis dan juga memberikan 100% penawaran untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, kepada orang-orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, pengangkut, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi atas apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
    Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} kejujuran kepercayaan dalam pelayanan kami
    Assalamu`alaikum wr wb,

    BalasHapus
  5. Kabar baik!!!

    Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
    pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

    Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Email saya: teddydouble334@yahoo.com

    BalasHapus